Sepilihan Sendu

Mimpimu malam itu, menggugurkan kilauan senyum di wajah. Tak ada yang menina-bobokkanmu di malam yang dingin itu. Kamupun sendirian berjelaga memikirkan harapan. Dari beberapa tikungan di pikiranmu, kamu pungut reruntuhan daun, kamu usap-usap agar menjadi bersih. Melakukannya adalah satu hal yang kamu suka walau entah berapa kali daun-daun itu akan kotor lagi atau bahkan hilang.

Sepilihan daun yang bergantian terbang tertiup angin, pikiranmu menggumam oleh ketidakpastian dari pertanyaan: Apa yang harus kukerjakan?

Jam dinding itu masih berdetak saling bersahutan menunggu jawaban apa yang akan keluar dari mulutmu.

“Ini sudah jam berapa?” tanyamu pada diri sendiri, “Hei aku sedang menunggu atau ditunggu?” Kamu lanjutkan tanya itu sekali lagi pada dirimu.

Tampaknya kamu begitu rindu pada kebahagiaan dan ingin berhenti menjejali pikiran dengan keriput masalah.

“Tuhan masih siapkan berapa kali lagi kegagalan?” Kali ini kamu heran, siapa yang berhak menjawab tanya itu. Bukan dirimu yang pasti.

Tiba-tiba pertanyaan itu membuatmu tersentak dan duduk di tepian kasur. Tiba-tiba kamu merasa sangat haus. Tapi yang kamu lakukan bukan minum, melainkan menghitung. Kamu hitung perlahan, mencoba menemukan angka yang tepat dari setiap kegagalan yang pernah kamu usahakan untuk berhasil. Ruanganmu kini mendadak sunyi oleh perenunganmu.

“Pikirkan yang akan kamu rangkai kembali. Bukan merangkai pembelaan yang membenarkan ketidakberdayaanmu!”

Hening. Kemudian ada yang menari dan menyanyi bersama cahaya itu.

ps. Tulisan ini ditulis 18 September 2016, awalnya enggan memposting di blog tapi rupanya angin sore yang menerbangkan lembar-lembar buku, menunjukkanku pada selembar kertas. Tulisan ini. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s