Menu Akhir Tahun (3)

Ini sudah hampir sore.

Aku baru saja bangun tidur dan hanya menyelesaikan satu pekerjaan sejak tadi pagi. Bagaimana aku harus menyambut malam?

Aku khawatir dengan kejadian nanti malam. Aku khawatir akan banyak yang terabaikan. Aku khawatir ada orang lain yang menanyakan kesiapanku tentang beberapa hal atau pekerjaan atau tentang sisa uang tabungan yang memburuk. Bagaiman kalau masih ada waktu yang terbuang banyak?

Iya, musim liburan semester sudah di depan mata. Hanya tinggal menghitung hari saja. Aku khawatir liburan ini akan lebih buruk dan berantakan. Mungkin aku akan pura-pura baik-baik saja, atau pura-pura mendengar dan menjawab setiap pertanyaan liburan dengan biasa saja -seperti tak ada apa-apa.

Aku pusing. Sungguh.

Baiknya aku sholat dulu.

Beberapa hari belakangan aku memang senang sekali mengerjakan kebiasaan lama, menulis daftar menu pekerjaan setiap harinya. Lengkap dengan rincian biaya kebutuhan sehari-hari yang diperlukan. Bukan karena harus di laporkan ke Ami setiap harinya sebagai bukti kemajuanku dalam mengelola kegiatan setiap hari tetapi karena aku begitu menikmati perjalanan berangkat dan pulang sampai di rumah lagi, dengan begitu aku menikmati pula bagaimana berproses sebagai bekal bekerja dan berumah tangga. EH***

Beberapa menu akhir tahun yang sedang kusiapkan di antaranya adalah

  1. Mendaftar kursus online sekolah inggris dan sekolah toefl; bagi yang suka online di dunia maya mencari materi-materi kursus bahasa inggris mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mas Budi Waluyo. Beliau adalah inisiator kedua kelas online tersebut. Ini adalah kesempatan ketiga saya mengikuti kelas beliau, FYI, kelas ini diadakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun selain kuota internet untuk mendownload materi-materi yang diberikan. Buat kamu yang berminat bisa kok add fb mas Budi , kalau ada informasi pendaftaran kelas baru pasti akan diupdate.
  2. Menyelesaikan naskah essay untuk beasiswa. Kebetulan saya rutin mendaftar beasiswa setiap tahunnya. Dan salah satu yang selalu saya ikuti adalah beasiswa data print . Dari beasiswa ini kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus loh, pertama kamu bisa menikmati berbagai produknya yang bisa menunjang kebutuhan belajar saat kuliah, kedua kamu bisa sekaligus mendaftar untuk menjadi calon penerima beasiswanya, ketiga kalau kamu lolos pastinya akan mendapatkan beasiswa. Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan yang aktif dalam memberikan dana CSR-nya untuk beasiswa kepada siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Berbekal kupon beasiswa dan kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan sesuai tema yang sudah diberikan, kamu pasti bisa mengikuti seleksi beasiswa ini. Jangan lupa berdoa dan konsisten menggunakan produk-produk berkualitas dari data print ya… semangat!
  3. Menu ketiga yang tak kalah penting adalah: SKRIPSI!! Di sepanjang semester ini rasanya sudah cukup aku disibukkan dengan beberapa kegiatan, kewajiban, dan kejar setoran yang daftar deadline-nya selalu berdiri gagah berjajar setiap satu meter di depan mata. Berjajar seperti prajurit, diam namun selalu mengintai. Hahaha. Nah, rupanya angin liburan kali ini menggerakkanku untuk lebih tekun memikirkan dan menggarap skripsi. Celoteh ide mulai bab satu sampai bab terakhir mendarat dengan anggun di pelupuk mata. Menyambut musim liburan yang aah rasanya akan datang lebih lama lagi. Ditambah angin yang menggerakkan tangan mengambil tabungan untuk bertraveling ria, membuatku senyum-senyum kecut.

Tiga menu akhir tahun di atas mungkin cukup membuatku sadar untuk merevisi ulang jadwal liburan supaya lebih bermanfaat. Sadar?

Malang, 9 Desember 2016

 

 

Leave a Reply

