Dear Ami #20 Sebagaimana Air

Sebagaimana air, aku hanyalah rintik hujan yang jatuh tetiba menujumu. Aku tak berpikir untuk mengalir lebih cepat atau menggenang lebih lama. Sengaja waktu membiarkan aku mengalir semestinya mengikuti kehendak semesta. Tak ada yang bisa menjelaskan dengan nalar mengapa air memilih jatuh di daun-daun, mengendap di tanah-tanah, membasah di genteng rumah, atau bermuara di sungai seberang sana. Pun kita, semestinya tak ada yang sanggup menjelaskan dengan nalar mengapa aku yang betah membeku di bendungan rindumu.

Sebagaimana hujan, yang jatuh tanpa aba-aba, sekehendak suara Tuhan memerintahkannya untuk membasah di bumi sebelah mana. Setidaknya begitulah, kita tak terkait oleh darah, asal usul, ataupun doa tapi sejarah mencatat kita tertanda oleh waktu. Hingga akhirnya terjebak pilihan untuk terus mengandung kehendak Tuhan agar terlahir kebahagiaan-kebahagiaan.

Air-air hujan itu tak bisa tergenggam, kecuali jika hadirnya teresapi. Semacam itulah aku yang resah karena jauh oleh jarak, sunyi yang dinyanyikan oleh ketiadaan candamu dan tertatih antara genggam tangan yang lalu pernah mengiring langkahku. Cukuplah kurasakan itu pada deru nafas dingin di keheningan-keheningan malam. Biarlah perasaan memainkan perannnya agar tetap meresapi hadirmu di hidupku meski tak sepanjang waktu berkesempatan memeluk ragamu.

Pada akhirnya, air pernah terlihat berkilau putih di udara sebagai hujan meski tak menjanjikan selalu jernih ketika jatuh di tanah atau daun-daun. Begitupula aku yang tentu tak selalu mendekapmu dalam bahagia dan harapan yang didamba. Sesekali resah, sakit, salah dan air mata pernah membasah pasrah di hatimu.

Tapilah aku tetap air yang bisa dijernihkan, tetaplah hujan yang bisa nantikan. Jadilah aku tetap yang bisa kau jaga seperti air, ditunggu dimana saja tanpa perlu mengubah arah takdir. Seperti hujan, walau tak bisa kau genggam tapi hadirnya kapan saja bisa kau minta pada Tuhan.

Malang, 8 Oktober 2016

Leave a Reply

