Membaca Karya Mereka

Rebahkan sejenak aksaramu untuk membaca aksara mereka. Di bukunya yang sedang kubaca, aku diminta juga belajar dari apa yang sudah lalu. Anggap saja sebuah rekreasi ke dunianya yang akan menjadi duniamu. Maka berilmu bukan hanya soal konsistensi dalam sebuah pilihan tapi juga membaca karya orang lain sebagai tambahan referensi. Siapa tahu akan memperluas cara berpikirmu.

Kata mas Ken, “Membaca untuk tujuan ini tidak dapat dilakukan dengan sekadar membaca. Amati juga cara bertutur buku itu, lalu tanda baca, susunan kalimat yang kiranya paling enak bagimu, dan yang tidak membuatmu jalan di tempat dengan susunan kalimat yang membosankan. Amati dan praktik di atas kertas. Lakukan terus menerus. Perlahan dan pasti akan kelihatan hasilnya.”

Bisa kupastikan, malam-malam setelah ini akan semakin kaya, oleh bacaan dan luasnya pengetahuan. Semoga semua yang dilakukan menjadi ladang belajar. Walau sebenarnya kalimat-kalimat ini mengandung satu makna sederhana: selamat menikmati malam untuk mengedit buku-buku titipan mereka yang akan naik cetak.

Malang, 20 Juli 2016

Advertisements

2 thoughts on “Membaca Karya Mereka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s