Apa Kehilangan juga Butuh Diperjuangkan?

Apa kehilangan juga butuh diperjuangkan? Aku terpaksa melupakanmu tanpa tangisan. Bukan bermaksud membuatmu tak berarti selama ini tapi sekedar menemukan pemahaman bahwa dengan aku menangis akan membuatmu merasa terusik di sana. Seperti pamit yang tak terucap tiba-tiba datang, maka tangis juga demikian. Ia meninggalkan jejak untuk tetap mengingat dan menelusuri kenangan bersamamu. Jadi salahkah jika aku menghentikan tangis semata karena aku tak rela kau kesakitan menemukan keikhlasan di hatiku? Meski ikhlas juga belum tentu ditemukan tanpa tangisan.

Apa kehilangan juga butuh diperjuangkan? Melepaskan segala yang pernah terucapkan adalah keputusan sulit. Kita pernah bersama dalam kebahagiaan, keegoisan, menyembunyikan perasaan pada wajah lugu. Sampai di detik kau mengatakan ‘jangan hiraukan aku, aku tak punya keinginan lagi’ menjadi jawaban bahwa kita semua pada waktunya akan pergi dan ditinggal pergi. Adakah yang bisa menandingi kehendak Tuhan? Sepertinya tidak.

Apa kehilangan juga butuh diperjuangkan? Setidaknya ketika kau pergi aku punya pilihan untuk tetap tinggal atau memilih pergi. Apa yang akan diperjuangkan setelah kepergianmu? Setiap yang kehilangan, dia pasti akan mencari.

