Dear Mami #16 Namamu Tiga Tahun Lalu

Kalau tiga tahun yang lalu aku tidak rajin menempatkan diri duduk di bangku paling depan sebuah ruang perkuliahan, mungkin kisah ini tidak akan pernah ada. Sebelum aku menjelma seorang yang dingin sekaligus mengurangi interaksi dengan orang lain, aku sudah mengenalmu. Lewat selembar kertas berisi data yang salah satunya tertulis namamu. Singkat waktu, aku lancar mendeskripsikanmu dengan berbagai penafsiran. Tentu saja hanya penafsiran abal-abal khayalanku yang entah mengapa hampir sepenuhnya benar.

Masih terang diingatanku ketika aku rajin mengulur-ulur waktu pulang kuliah demi menungguimu di seberang jalan. Hanya demi memastikan bahwa kau tak sendirian untuk pulang. Waktu itu mami duduk di bangku depan warung, berseberangan dari tempatmu kerja. Aku duduk dengan seorang kawan di sisi jalan yang lain, menikmati semangkuk bakso yang sebenarnya tak enak, menanggapi obrolan teman yang setengah-setengah aku dengarkan, karena mataku masih terjaga memperhatikan gerak gerikmu di seberang jalan.

Aku sadar saat itu aku bukan siapa-siapa tapi untuk menjadi yang spesial di matamu, ini adalah cikal bakalnya. Sampai kapanpun aku tidak akan melupakan diriku yang seketika melayang penuh ketenangan setelah melakukan hal-hal kecil itu. Aku memang suka bertanya pada diriku sendiri. Pertanyaan-pertanyaan konyol yang bagi sebagian orang mustahil. Aku membayangkan bagaimana jika aku yang selalu di sampingmu? Apa yang bisa aku kenal darimu? Bagaimana caranya? Aku tahu pertanyaan itu yang setiap hari menjadi kesenangan tersendiri untuk mencari akal menjawab keraguan. Maka sering aku bayangkan setiap malam kalau aku memang benar-benar ada untukmu. Di sampingmu. Dan segala tentangmu adalah teman khayalanku sebelum tidur.

Satu hal yang sampai detik ini membuat aku bahagia adalah mengenalmu. Meresapi makna di balik kesengajaan Tuhan mempertemukan kita. Meskipun aku merasa masih cukup aneh mengapa di antara sekian nama yang aku baca, hanya namamu yang menarik perhatianku?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s