Di Bawah Pohon Randu

Di bawah pohon randu yang daunnya jatuh satu per satu, aku dimabuk haru oleh senyummu dan getar merdu suaramu. Kita ini menyatu meski pernah sempat beberapa kali menunggu waktu yang tepat menyatakan rindu. Aku tahu, kamu juga menunggu, mencoba memandangku dari jauh. Setelah perkenalan berlalu, kita menemukan kesamaan dari mencoba hal-hal baru. Aku tak lagi ragu menggandeng tanganmu karena aku hendak menyampaikan perasaan dengan bahasa yang bisa kamu rasa dari getar nadiku.

Petualangan rasaku memang tidak pernah selesai. Bagaimana bisa seorang yang tidak pernah punya rumah untuk pulang, bisa mudah dibukakan pintu kayu yang sudah lama dipalu dan terpaku. Kemudian seperti kebiasaan-kebiasaan lain yang menjadi ritualku, di pohon randu milikku, semua bebas membahasakan cinta, disediakan ruang seluas-luasnya untuk menuliskan atau sekedar membaca puisi dengan mata yang memandang nanar jeda kata untuk mengumpulkan nada intonasi. Semua yang ada di kepala boleh dibahasakan dengan cara-cara sederhana sesuai selera. Ada yang menggemakan cinta dengan pembuktian-pembuktian nyata, namun sayangnya membiarkan rasa bergemuruh dalam dada tanpa pernah tersampaikan adalah pilihan sebagian dari kamu.

Tidak buruk memang, semua itu membuat aku bisa duduk sebentar membuka telinga dan hati agar mampu mendengar setiap rasa yang berlogika untuk di bawa pulang. Tidak perlu menarik diri pergi meninggalkan kisah sehari-hari hanya karena ingin sendiri. Pohon randuku terlalu indah untuk dirapikan, biarkan semuanya bertumbuh sebagaimana adanya. Sesederhana seduhan kopi yang aku nikmati sambil membaca sajak-sajak haru pengobat rindu, doa-doa teduh yang luruh dalam air mata juga teka-teki yang kemudian aku temukan jalan ceritanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s