Dini Hari

Sudah di penghujung minggu dan aku baru menyelesaikan empat tulisan saja. Padahal beberapa kertas hasil catatan ide-ide sudah tertempel di dinding yang lebih mirip mading karena ditutupi kertas-kertas namun setiap kali melihat lebih sering hanya dipandang dan berujung sebatas niat untuk mengeksekusi ide itu.

Adalah Jumat dini hari yang membuat aku terbangun karena dihantui catatan-catatan di dinding itu, biasanya memang selepas isya aku segera tidur agar ketika dini hari bisa terbangun untuk melakukan beberapa hal. Selain dihantui catatan di dinding untuk segera dieksekusi, ada banyak buku baru yang aku beli sendiri dan pinjam di perpustakaan belum sempat tersentuh. Jadilah dini hari itu menghabiskan waktu membaca buku dan menulis. Buku-buku itu memang selalu meminta dibunyikan halaman-halamannya. Kebiasaan bangun dini hari itu mendadak rajin kulakukan satu bulan ini dengan rutin jauh lebih cepat dari sebelumnya, tanpa ba bi bu dan alasan untuk tetap tidur.

Dini hari selalu mengajakku berproses berjam-jam terpasung di antara buku-buku, di depan laptop, memainkan jemari bergelut dengan kata, membangun kalimat-kalimat, buah pemikiran. Dini hari dari sudut kamar yang tidak terlalu luas ini, seluruh energi, perasaan, dan pikiran menyala mentasbihkan dirinya berdua-duaan dengan sepi untuk memuliakan diri dengan tulisan. Apakah semua yang aku lakukan hanyalah sebuah kebetulan? Kebetulan karena tiba-tiba bangun pada dini hari kemudian kebetulan ingin membaca dilanjutkan menulis dan melakukan kegiatan lain.

Barangkali terlalu sempit jika apa yang terjadi hanya dimaknai sebagai sebuah kebetulan. Sejak dulu aku selalu mempercayai tidak ada satupun yang terjadi karena kebetulan, karena semua yang terjadi sudah ditulis olehNya. Lalu apa? Ada suatu masa di mana setiap manusia mempercayai keyakinannya. Ya itulah yang aku lakukan, memahami bahwa setiap kekuatan selalu bertumpu pada keyakinan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s