Tentang Permintaan Maaf Pagi Tadi

Seperti burung kelana yang letih, sebelum subuh banyak maaf singgah di pelupuk mata meski hanya lewat maya. Si A dengan segala penyesalan, si B dengan penuh kesadaran, si C yang berjibaku menyusun kata yang terbata-bata, juga si D yang menyimpan maaf dalam kotak dadu kehidupan. Sampai di sini, aku masih berlari tanpa pengertian yang menyertai duduk di tepian kasur menarik nafas lebih panjang. Mereka tidak bercerita kepadaku tentang perasaan dimana banyak hal tersembunyi pada bentuk fisik kata maaf. Jika mempercayai bahwa tidak ada kebetulan dalam hidup, maka itu adalah potongan fragmen yang terpecah-pecah untuk dihubungkan dengan sebuah rantai bernama keheningan, bentuknya adalah renungan.

Baiklah, akan kuceritakan satu rahasia padamu, namanya Maaf. Ia duduk pada simbol perasaan, keluar dari kotak penyesalan, tumbuh karena suburnya kesalahan, atau bisa saja maaf adalah susunan kata yang tidak akan pernah diabaikan setiap manusia. Sungguh, maaf bisa disampaikan pada banyak kesempatan sekalipun rasanya tidak ada yang salah. Maaf adalah sebuah rahasia yang lahir dari kebesaran hati dimana banyak keinginan meredup dan memudar, ia adalah kata yang dihidupkan oleh hati orang-orang yang kuat. Mahatma Gandhi pernah mengatakan “Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan karena memberi maaf hanya dapat dilakukan oleh orang yang kuat”, begitu katanya.

Maaf pagi ini telah membuatku mengerti terimakasih tentang lapang yang selalu bersedia menampung dan menopang. Setidaknya demikianlah yang aku yakini untuk selalu berpelukan dengan dua kata: maaf dan terimakasih.

Terimakasih kalian, karena maaf telah mengajarkan arti yang lebih tinggi, memperkenalkan suatu perbedaan, membaca suatu hubungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s