Ku Antar Ke Gerbang

20150418_092338Sepagi tadi saat jalanan belum bangun dari tidurnya, saya memulai perjalanan ke sudut kota. Jalan berkelok melewati pegunungan menjadi makanan yang saya lewati kali ini. Setelah kemarin seharian melintasi pegunungan malang, hari ini diperbatasan kediri-nganjuk saya bersama seorang teman mengunjungi sebuah SD terpencil dg jumlah murid yang hanya 121 siswa.

Dengan sebuah surat undangan dari Kelas Inspirasi, kami disambut hangat oleh pihak sekolah kemudian berbincang mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang Hari Inspirasi pada 4 Mei nanti. Kemudian kami, saya dan teman saya berkeliling melihat kondisi sekolah dan membidik foto untuk dokumentasi yang nantinya akan dipresentasikan kepada relawan pengajar saat briefing. Satu, dua kali memasuki kelas terlihat anak-anak yang kegirangan menyambut kami, antusias bertanya banyak hal tentang siapa kami. Maklum, mungkin di sekolah ini tidak banyak mereka berinteraksi dengan orang2 luar kecuali guru, orang tua, dan tetangga sekitar. Jadi begitu ada orang asing yang datang, mereka antusias untuk mengenal lebih jauh. Kami menjelaskan singkat pada mereka, bahwa kami juga berjanji nanti akan datang kembali bersama dengan para relawan pengajar dari berbagai profesi. “Kita akan buat acara seru nanti tanggal 4 Mei, jangan sampai bolos ya?” ucap saya pada mereka.

Ada sensasi luar biasa yang saya rasakan ketika ada di sekolah ini, anak-anak yang ramah, guru-guru yang setia mengabdi, rasa hormat yang barangkali saat ini sulit ditemukan pada anak-anak yang sekolah di perkotaan. Bagi saya, merekalah salah satu alasan kenapa saya harus bangun lebih pagi dan bergerak lebih cepat agar sampai lebih awal untuk mengawal mimpi-mimpi mereka sampai kegerbangnya nanti. Tidak ada satu hal pun yang saya ingini saat ini selain melihat anak-anak itu tersenyum dan memiliki mimpi yang tinggi lalu mewujudkannya. Di tengah berbagai keterbatasan baik ekonomi, lingkungan, dan sarana yang dimiliki, mereka masih punya tekad untuk berangkat menuntut ilmu. Tidakkah itu menjadi peringatan untuk kita? Bahwa sampai detik ini, pencapaian yang sudah kita raih sebagian adalah untuk mengabdi pada pewaris panggung kepemimpinan negeri ini, anak-anak itu. Banyak hal yang bisa kita pelajari, banyak hal yang bisa kita teladani, banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya. Ada banyak pula kesempatan untuk berbuat baik, salah satunya adalah mengabdi menghidupkan anak negeri di sudut-sudut ruang mimpi. Kali ini saya tidak hendak menjual mimpi tapi mengajak semua orang untuk punya rasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap pendidikan bagi anak-anak. Bahwa detik ini, tugas kita bukan hanya sebatas pencapaian-pencapaian yang tergantung di dinding kamar tapi juga menghidupi mimpi orang lain. Bahwa sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang diamalkan, bahwa sebaik-baiknya hidup adalah hidup yang bermanfaat bagi orang lain. Bahwa hidup, barangkali tentang pengabdian yang tidak meminta harta atau jabatan. Satu saat kita akan bangga, melihat senyum anak-anak di pelosok negeri yang mampu mengharumkan nama negaranya. Maka sejak saat ini, waktu dan tempat mempersilahkan kita para profesional, relawan, atau siapapun untuk bergerak dan mengabdi.

Terakhir, maka jika satu saat kami Engkau panggil ke hadapanmu Tuhan, ijinkan siapapun untuk bisa dan tetap meneladani pengabdian kami untuk anak-anak negeri. Sebisa mungkin, kami akan bangun lebih pagi mengantarkan mimpi mereka kegerbangnya.

Tulisan ini saya buat sambil menikmati hangatnya kuah bakso kikil sepulang dari sekolah.

Salam Inspirasi,

Farah Adiba

Kediri, 18 April 2015

http://www.farahadibanm.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s