Percikan

IMG_20141002_0015856Adik-adik mengaji, rutin tiga kali seminggu di rumah ini. mencari makna yang mungkin terselip di balik tiap potong ayat yang tertulis di Al Quran. Berharap aku juga bisa istiqomah melakukan kebaikan mengaji ini. Manusia sukanya lancang, merasa pantas membalas atau meninggalkanNya. Seperti lupa kepada siapa ia harus menghamba. Harusnya aku malu sudah jarang mengaji lantaran kesibukan duniawi, kadang juga bingung apakah “memang benar-benar sibuk atau menyibukkan diri” hingga berani-berani meninggalkanNya dari apa yang sudah di perintahkan. Adakah yang lebih penting dari perintahNya?

***

Mudahkanlah langkah kakiku. Adalah salah satu harapan dan keinginan terbesar bagiku. Agar Allah memudahkan kakiku melangkah ke masjid. Letaknya tak jauh dari tempat tinggalku, hanya berjarak 5 rumah tapi kaki ini kadang enggan beribadah ke sana. Padahal masjidlah pusat persinggahan cinta. Alhamdulillah, semoga Allah akan memudahkan langkah kakiku ke masjid di setiap Ia memanggil hambanya. Bukan lantaran ada pohon jambu biji lantas aku ingin lebih rajin ke masjid agar kalau pulang bisa memetik buahnya, atau bukan karena sering melangkah ke masjid karena ada ayunan yang enak untuk duduk dan melamun. Menata hati adalah salah satu cara agar niat ini tetap bersih dan murni karena Allah, semoga selalu diingatkan olehNya untuk melangkahkan kaki ke masjid karenaNya.

***

Bingkisan Tuhan yang paling indah adalah Hidayah. Hidayah itu mahal, maka latihlah hati dan diri untuk lebih peka melihat setiap keadaan. Mengajak hati dan otak untuk selalu berpikir atas apa yang di lihat, dengar, dan rasakan. Berapa kali aku sering memutar alunan musik untuk menghilangkan penat, tidak salah memang. Tapi sebuah tanya mendadak muncul “Kapan terakhir kali kau mendengar adzan di telingamu langsung dari si muadzinnya?” oh manusia macam apa diri ini jika panggilanNya saja tidak membuat kaki ini tergerak untuk pergi ke masjid. Bagaimana mungkin kamu mengaku muslim jika suara itu tidak membuat hatimu bergeta?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s