sharing

Siang itu… aku menghabiskan waktu duduk santai di sebuah restoran cepat saji dengan menu andalan burger dan ayam goreng.

Aku menikmati makanan yang sudah dipesan sambil memanfaatkan fasilitas wifi yang ada di dalam ruangan. Seperti biasa, aku membuka situs berita yang memberikan banyak sekali informasi. Lalu mulai membaca beberapa tulisan di blog milik teman.

Tanpa sengaja aku melihat beberapa manager dan karyawan yang sedang meeting di ruangan itu. Dengan suasana yang tidak formal dan dilakukan dengan santai mereka melakukan meeting sambil mengamati kejadian di sekitar. Aku tertarik untuk mengamatinya, karena siapapun yang ada disitu pasti bisa melihat dan mendengar apa yang diperbincangkan. Aneh dan unik rasanya bisa melakukan hal yang demikian di depan para customer, sekilas itu menunjukkan kekompakan dan kerjasama yang bagus antar karyawan dan manager. Belakangan aku dengar, mereka menyebut kegiatan itu dengan sharing. Ya, sharing untuk berbagi cerita, kritik, dan saran antar para karyawan dan manager. Perbincangan singkat yang rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali untuk mengetahui dan mengungkapkan apa saja yang terjadi di restoran ini.

Lalu, di akhir perbincangan, salah seorang dari mereka yang sejak tadi setia mendengar cerita dan uneg-uneg para karyawan (sebut saja managernya) melontarkan pertanyaan: “Apa yang kamu harapkan untuk restoran ini?” dan pertanyaan kedua “Apa saran kamu untuk saya dan untuk tim ini?”. Secara bergantian karyawan itu menjawab satu persatu pertanyaan itu. Di akhir sharing, manager itu memberikan kesimpulan dalam satu kalimat:

“Jangan pernah takut salah, Tidak ada keputusan yang salah. Yang salah adalah orang yang tidak mengambil keputusan.” kemudian menyalami satu per satu karyawannya.

Leave a Reply

