You Know my Name, Not my Story!

Kali ini aku menulis lagi, mungkin dengan cerita yang tidak jauh berbeda. Aku hanya ingin menikmati malam ini dengan secangkir kopi, menikmati lagu-lagu yang terputar di playlist, melihat ke atas langit-langit, dan membuka tumpukan diary yang sudah usang dan berdebu itu. Entah berapa kali dalam minggu ini aku menjadi lebih rajin membuka dan membaca tumpukan diary yang aku tulis beberapa tahun yang lalu. Aku seperti sedang “mencari” diriku dalam tulisan-tulisan itu. Meskipun aku kadang tidak menikmati membacanya, sebuah pertentangan dua sisi hati. Pertama, aku selalu tenggelam dalam romantisme masa lalu ketika membacanya. Kedua, aku menemukan kejujuran nurani ketika menulisnya.

Indah tapi gundah. Setidaknya dengan membacanya aku menjadi lebih tenang. Aku mulai terpikirkan oleh satu hal, aku sering menghabiskan waktu meringkuk dalam sunyi dan kesendirian hanya untuk membiarkan otakku tetap waras dan bekerja menuliskan apa saja yang selama ini tidak pernah aku katakan. Ketika itu aku menemukan diriku, seperti aku menantang hatiku untuk jujur pada diriku sendiri. Setidaknya aku juga tahu bahwa diam itu bermakna, aku harus selalu tahu dan ingat bahwa diam selalu lebih baik daripada banyak bicara pada tempat yang tidak tepat. Dan aku mengerti sekarang, ternyata itulah yang membuatku menyatu, jatuh, hingga menenggelamkan diriku pada dunia besarku yang aku cintai. Menulis.

Aku mengakui, aku menciptakan garis batas antara diriku dan orang lain. Aku hanya akan menceritakan hal-hal tertentu pada orang-orang yang aku percayai, bukan yang aku kenal. Itulah pilihan. Meskipun aku menuliskannya pada sebuah jurnal pribadi, aku lebih senang “menggantung” tulisan-tulisan itu. Dalam artian, aku akan membiarkan pembaca sekalian menggunakan imajinasinya, aku membiarkan pikiran-pikiran kalian berkelana entah kemana. Selamat menikmati.

Leave a Reply

