MENCINTAI PILIHAN #2

Puas dengan kehidupan Jurnalis di MTs, setelah diterima menjadi siswa baru di SMA dekat rumahku, SMAN 3 Kediri. Mulailah ke-gencar-an kakak-kakak senior dalam mempromosikan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ketika masa OSPEK, ada PMR, Pramuka, Paskibraka, KIR, Broadcasting, Jurnalistik, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi cuma satu yang bisa mencuri hatiku, Jurnalis. Meskipun aku juga melirik yang lain yaitu KIR dan Broadcasting. Seketika itu setelah promosi di aula sekolah, aku langsung meminta contact person pengurus jurnalis, dan kuketahui nama komunitas jurnalis ini adalah Media SMAGA. Kereeen. Pulang sekolah aku langsung sms si kakak jurnalis sekolah itu, beberapa hari kemudian di bukalah pendaftaran jurnalis dan dilakukan tes tulis dan wawancara. Aku beruntung sudah memiliki sedikit pengalaman jurnalis di SMP dulu juga sering ikut pelatihan jurnalis di kampus-kampus dan media massa di Kediri, bahkan aku pernah ikut komunitas jurnalis di bawah naungan Radar Kediri namanya Komunitas Muda Radar Kediri (KOMU). Kesempatan waktu itu tidak aku sia-siakan, karyaku beberapa kali di muat di koran dan masih kusimpan sampai saat ini -untuk kenang-kenangan-. Nah ternyata pengalaman seperti itu cukup membantu dan bermanfaat loh untuk terjun di jurnalis sekolah, bisa memberi nilai plus. Jadi saranku, manfaatkan tuh kesempatan untuk ikut komunitas-komunitas yang bisa mengembangkan bakat dan minat kamu disitu. Dijamin gak ada yang sia-sia, yang ada malah nambah ilmu, informasi, relasi, dan banyak lagi manfaatnya.

Oke deh, dari 50 anak yang mendaftar dan ikut tes waktu itu, aku adalah 1 dari 20 anak yang diterima menjadi anggota jurnalis sekolah. Lega dan bersyukur rasanya bisa punya kesempatan lagi jadi jurnalis sekolah. Satu yang ada dipikiranku waktu itu “Pengorbanan, Totalitas, dan Manajemen Waktu.”, yaa ketika aku sudah memilih sesuatu aku harus mengerjakannya dengan totalitas, tanggung jawab, dan cinta. Karena jika tidak ada unsur-unsur itu, pilihan hanyalah sebuah karang yang patah ketika dihempas ombak, tidak ada komitmen disitu. Oke lanjut yaa, saat itu pembagian tugas dan jabatan, aku kebagian menjadi sie layout padahal inginnya menjadi sie reporter atau dokumentasi. Tapi tak apalah, itu tanggung jawab dan kewajiban yang sudah di berikan. Siap laksanakan!. Tibalah saat yang paling membuatku kegirangan dan sangat bersemangat. Waktu itu adalah saat aku dan teman-temanku mendapatkan seragam jurnalis dan ID Card Jurnalis Media SMAGA. Yap, aku sebut saja “baju item jurnalis” yang kece badai. Wiih dengan bangganya memakai baju itu saat pengukuhan jurnalis oleh kepala sekolah di ruang multimedia. Aku jadi ingat kata-kata dari salah seorang reporter Trans TV Aditya Sukardi yang waktu itu meninggal dalam kecelakaan pesawat SUKHOI di Jakarta saat tugas liputan, kurang lebih seperti ini:

“Gue bangga kerja disini, karena anak gue bangga lihat ayahnya pakai baju item Trans TV”

setelah pengukuhan dengan “baju item jurnalis” yang kece badai ini (menurutku :D) mulailah hari-hariku di sekolah diisi dengan kegiatan liputan dan jepret sana-sini, tapi kegiatan pelajaran di sekolah tetap nomor satu donk. Aku dan tim waktu itu sering berbagi tugas dan paling rajin datang kalau agenda kumpul Jurnalis. 6 Bulan berlalu, liputan selama 6 bulan itu sudah terbungkus rapi menjadi sebuah majalah sekolah yang diberi nama ASPEK (Aspirasi Pelajar Kreatif). Akhirnya bisa lihat tulisanku dan teman-teman di muat di majalah sekolah. Sebuah kebanggaan tersendiri dan tentunya harus terus belajar untuk menulis lebih baik lagi.

“Ketika aku menikmati pilihanku dan mencintainya, aku sedang melakukan perubahan!”

Leave a Reply

