Penerimaan yang Indah

Hidup adalah menerima, penerimaan yang indah. –darwis tere liye

Selama ini aku menemui banyak sekali orang-orang dalam hidupku. Dari yang membuatku terkagum-kagum sampai menangis sendu. Perlahan karena seringkali aku temui, aku bahkan terbius olehnya. Mungkin juga karena seringkali ngobrol dengannya, sedikit-sedikit merubah cara pandangku dalam melihat apa saja yang aku lihat. Orang-orang ini punya sisi-sisi unik yang tidak bisa aku temui pada kebanyakan orang. Mereka memilih menjadi minoritas dan menjadi orang yang “berbeda” dari kebanyakan orang. Mengenal mereka aku jadi lebih sering “ngaca” dan memaklumi kehebatan dan kelemahan masing-masing manusia.

Aku merasa beruntung, bisa menyimak kisah mereka, bisa bertanya apa saja yang ingin aku tanyakan, walaupun tidak jarang aku justru menangis kalau mendengarnya bercerita. Bukan karena ceritanya yang menyedihkan tapi sebentuk kepasrahan diri pada Allah yang sangat luar biasa hebat aku temukan pada orang itu. Aku seperti digugah perlahan, banyak sekali kebaikan-kebaikan yang aku temui darinya. Bahwa hidup ini harus menerima, ikhlas, pasrah, dan mengembalikan semua padaNya. Tidak banyak orang yang bisa mengikuti cara pandangnya, bahkan seringkali dianggap sebelah mata tapi justru itu kekuatannya, ia kuat karena percaya bahwa Allah lah di atas segalanya, ia tangguh karena memasrahkan semuanya pada Sang Maha Pengatur Detak Jantung –Allah.

Sebuah prinsip hidup yang jarang sekali aku temukan pada orang lain. Mungkin dengan cara yang berbeda, aku bisa terus belajar dari orang ini, bukan hanya mengagumi sosoknya tapi juga mengambil pelajaran-pelajaran berharga tentang sebuah keikhlasan, mengembalikan semua padaNya.

Sesulit apapun…

ada Allah, yang Maha Segalanya…

mau disakiti mau diejek…

selama kita dekat ke Allah…

nggak akan kepengaruh…

Leave a Reply

