Kebahagiaan Kecil

Photo by @farahadibanm | gendhis andalus photography

Selalu bisa menangkap moment-moment syahdu dalam ritual pulang kampung dari Malang ke Kediri atau dalam perjalanan sebaliknya. Harapan, cita-cita, cinta, dan doa bercampur jadi satu disini. Dalam angkutan kota penuh sesak dan peluh para penumpangnya. Meskipun raga mulai lelah memikirkan aneka tugas dan tanggungjawab, jadwal kuliah yang padat atau mendengar rangkaian teori yang membosankan; atau mengamati gerak tangan dan mimik wajah para dosen sambil sesekali melakukan penilaian; atau memandang sekeliling lalu diam bertanya tentang esensi diriku yang tak kupahami.

Lelah, terlalu banyak yang belum kulakukan untuk diriku, tempatku menimba ilmu, dan orang-orang yang kupedulikan. Tapi seketika semua lelah dan pikiran-pikiran yang kadang menjadi beban dan tanda tanya hilang. Aku selalu begitu takjub dengan kekuasaan Allah yang menunjukkanku pada pemandangan indah nan eksotik sepanjang perjalanan bus kota ini. Aku digugah perlahan dengan kecantikan daun yang bergoyang dari waktu ke waktu, udara dingin yang seringkali mengkristal dalam pikiran lalu mengeluarkan apa saja pikiran negatif yang sempat terlintas kemudian membuat konstruksi baru tentang niat, pandangan, cita-cita, dan tujuan. Hal yang sesederhana itu mampu membius jiwaku menikmati kebahagiaan –lagi.

Aku tertegun.

Aku membenamkan diri ke jok bus kota ini, mencoba sejenak menikmati hal-hal kecil disekitarku. Aku mendengarkan dengan saksama alunan Adelaide Sky dari headshet smartphone. Aku menikmati suara sumbang klakson yang dibunyikan sopir bus. Aku memperhatikan seorang bayi yang tidur pulas dipelukan ibunya, disampingku.

Lalu, aku tersenyum.

Mungkin, aku hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perjalanan ini.

Leave a Reply

