Pentingnya Penerapan IQ, EQ, dan SQ Sejak Usia Dini

Ketika kita berbicara mengenai mencerdaskan anak, pikiran kita akan tertuju pada dunia pendidikan. Secara umum, proses mencerdaskan anak adalah dengan pendidikan. Pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah, tapi juga di keluarga, dan masyarakat. Dalam hal ini IQ, EQ, dan SQ adalah satu paket kecerdasan yang harus secara utuh dimiliki setiap anak dan diri kita sendiri. Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. IQ atau intelligence quotient penekanannya lebih diarahkan pada kecerdasan otak yang meliputi kecerdasan matematis dan berbahasa yang berhubungan dengan kemampuan kognitif anak. Kecerdasan yang kedua adalah emotional quotient atau disebut EQ yaitu kematangan emosi seseorang dan pemahaman terhadap diri sendiri. Kecerdasan emosi tidak hanya berfungsi untuk mengendalikan diri tapi lebih dari itu mencerminkan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kepekaan terhadap orang lain. Spiritual Quotient atau SQ adalah kecerdasan spiritual yang lebih menekankan pada kemampuan memahami diri sendiri, agama, dan Tuhannya.

Belakangan ini, ketiga kecerdasan tersebut begitu hangat dan marak diperbincangkan baik di rumah, sekolah, bimbingan belajar, bahkan media massa. Kajian mengenai ketiga kecerdasan tersebut menjadi konsen oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan, oleh para ahli yang konsen terhadap persoalan-persoalan perkembangan anak, dan tentunya oleh orang tua yang menginginkan anaknya menjadi cerdas. Setiap anak yang dilahirkan pastilah memiliki potensi-potensi kecerdasan dan tugas pendidikan adalah untuk mengaktualisasikannya. Lalu bagaimana pendidikan berperan dalam melejitkan IQ, EQ, dan SQ pada anak?.

Alangkah lebih baik jika para pendidik (baik itu orang tua maupun guru) melatih kemampuan IQ, EQ, dan SQ pada usia dini sebagai fondasi dasar kepribadian anak karena pada usia dini adalah usia emas (golden age). Dalam buku “Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi Kecerdasan dan Otak Anak Usia Dini” diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Benyamin S. Bloom, seorang akademisi pendidikan dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, menemukan bahwa pertumbuhan sel jaringan otak pada anak usia 0-4 tahun mencapai 50%. Artinya bila pada usia tersebut otak anak tidak mendapatkan rangsangan yang maksimal, maka otak anak tidak akan berkembang secara optimal.

Penerapan IQ, EQ, dan SQ dalam dunia pendidikan khususnya anak usia dini berdasarkan hasil observasi, pengamatan, dan studi yang dilakukan penulis di beberapa lembaga PAUD dapat diuraikan sebagai berikut: berkaitan dengan IQ dapat  diterapkan di dalam materi pembelajaran sambil bermain contohnya yaitu mengajak anak bermain peran konsep jual beli, dalam hal itu secara tidak langsung anak akan belajar berhitung, mendaftar barang dagangan, menghafal daftar harga barang dagangan, belajar konsep uang, dan konsep mengelompokkan barang sesuai jenisnya misal sayuran atau buah-buahan. Sedangkan penerapan EQ yang bisa dicontohkan dari kegiatan bermain peran jual beli adalah mengajarkan anak untuk sabar dalam menghadapi pembeli, mengajarkan tanggung jawab atas barang dagangannya, dan mengajarkan anak berbagi dengan sesamanya. Penerapan SQ dalam kegiatan tersebut adalah mengajarkan anak nilai-nilai moral dan agama yaitu dengan melatih anak bersikap jujur terhadap pembeli, mengajarkan anak untuk berlaku adil terhadap pembeli, mengajarkan anak untuk bersikap santun ketika melayani pembeli, dan mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan ketika bermain peran jual beli.

Di lingkungan dunia pendidikan, ketiga aspek kecerdasan yaitu IQ, EQ, dan SQ menjadi penting dan perlu mendapat perhatian yang seimbang. Hal itu penting untuk dilakukan karena ketiganya adalah satu paket kecerdasan yang menunjang keberhasilan hidup setiap individu. Dengan menerapkan IQ, EQ, dan SQ sejak usia dini, seorang anak akan memiliki kecerdasan secara utuh baik itu intelektual, emosional, dan spiritual.

Advertisements

3 thoughts on “Pentingnya Penerapan IQ, EQ, dan SQ Sejak Usia Dini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s