Syahdu dan Haru

8 Agustus 2013 Allhamdulillah berjumpa lagi dengan idul fitri tahun ini. Seperti biasanya, adzan subuh yang syahdu itu membangunkanku dari tidur yang ditemani alunan takbir kemenangan. Euphoria menyambut idul fitri memang tak akan tergantikan oleh apapun. Kumandang takbir yang saling bersahutan menjadi pelengkap perayaan idul fitri setiap tahunnya. Alhamdulillah syukur aku ucapkan, hati ini masih bergetar mendengar kumandang takbir. Allah, aku berjumpa lagi dengan idul fitri ini setelah satu bulan “membentengi” diri dengan puasa Ramadhan. Aku segera mengambil air wudhu dan bergegas melaksanakan sholat subuh.

Tak lama setelah itu aku mandi dan mempersiapkan diri mengikuti sholat idul fitri di masjid dekat rumah. Pagi-pagi sekali aku dan keluargaku berangkat agar mendapat shaf di depan. Kami hanya berjalan kaki karena memang masjidnya tak jauh dari rumah. aku tersenyum. Masih kucium wangi pahala ramadhan kemarin. Dan pagi ini aku melihat wajah-wajah pemenang ramadhan tahun ini. Cahaya dan senyum menghiasi wajah setiap orang yang melangkahkan kakinya ke masjid.

Pagi ini pukul 06.00 masjid terlihat ramai dan syahdu dengan alunan takbir yang menggema. Aku duduk di atas sajadah dan bibir ini tak pernah berhenti mengikuti alunan takbir. Entah apa yang aku rasakan saat ini, yang jelas aku bangga, bahagia, dan terharu berjumpa dengan idul fitri tahun ini.  Sholat idul fitri baru dimulai pukul 6.45 dan berjalan khidmat. Terlihat di dalam dan luar masjid dipenuhi orang-orang yang saling bertakbir. Orang-orang yang menikmati sujudnya sebagai rasa syukur dan kemenangan Ramadhan tahun ini. Memang benar, tempat curhat terbaik itu di atas sajadah. Bukan di timeline.

Dengan segenap rasa syukur dan kerendahan hati, kuucapkan Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua terlahir suci kembali. Menjadi manusia yang lebih baik, lebih santun. Semoga di Idul Fitri tahun ini kita menjadi manusia yang pemaaf. Semoga menjadi manusia yang senantiasa bersyukur dan bersujud. 🙂 . Syahdu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s